A/C Painting

A. INTRODUCING
Korosi merupakan hal yang sangat populer terjadi pada logam, akibat korosi inilah banyak barang yang rusak dan tak layak dipakai. Sering kita dengr banyak terjadi kecelakaan yang mengakibatkan puluhan ataupun ratusan orang meninggal dunia akibat kapal tenggelam. Semuanya itu tak lain karena kebocoran kapal yang disebabkan oleh proses korosi. Di dunia pipa, korosi juga sangat ditakuti, karena akibat korosi inilah banyak terjadi kebocoran pipa gas atau pun yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, maka di lakukan proses coating terhadap pipa baja.

Coating pipa banyak jenis dan macamnya. Diantaranya yaitu: Three Layer Pholyethilen, FBE powder Coating, Cement Lining, Coating Coltar, Varnish, Galvanis, Coating Tape dan Epoxy. Dalam pembahasan kali ini akan kita ungkap tentang coating Epoxy, yang mana banyak diapplikasikan kepada kapal-kapal laut. Epoxy adalah salah satu jenis dari Cat (paint). Epoxy ini juga banyak jenis dan warnanya, diantaranya yaitu: Jotun, Sigma, Prima, Hempel dan Primacor.

Dalam applikasi kali ini, kita pilih applikasi epoxy pada media pipa baja, dengan alasan dan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  • Pipa baja merupakan barang yang mempunyai nilai komodity yang cukup mahal, apalagi yang mempunyai specification dan standart material API 5L dengan Great yang tinggi.
  • Saya adalah salah satu Inspector Quality Control bidang coating di salah satu perusahaan yang memproduksi pipa baja spiral dan melayani berbagai jenis proses coating applikasi.
  • Akhir-akhir ini, permintaan pipa dengan coating epoxy cukup banyak meningkat dari berbagai customer.
  • Karena epoxy ini merupakan salah satu jenis dari cat, maka proses applikasinya dapat kita terapkan pada proses pengecatan rumah tangga ataupun barang-barang industri lain yang jenisnya berasal dari logam.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang painting, marilah kita ulas proses epoxy dari tahap pertama sampai proses finishing.

B. INCOMING PIPE
Incoming pipe yaitu proses penyiapan pipa agar dapat dilakukan proses penyiapan permukaan pipa yang akan diapplikasi dengan epoxy. Pada proses incoming pipe ini dilkukan inspeksi terhadap pipa agar permukaan pipa terbebas dari cacat yang akhirnya akan mengganggu pada proses tahap berikutnya. Diantara bentuk-bentuk cacat pada pipa diantaranya yaitu:

  • Porosity, yaitu cacat berbentuk lubang yang berdiameter sangat kecil, tetapi cacat ini sangat berbahaya karena pipa bisa mengalami kebocoran. Untuk mengatasi cacat ini harus dilakukan proses repair dengan welding manual dan kemudian dilkukan proses gerinda untuk menghaluskan permukaan.
  • Scracth, yaitu cacat berbentuk luka akibat tergores benda tajam, sehingga bentuknya menjadi tajam dan perlu proses penggerindaan untuk menghaluskan. Jika scracth ini terlalu dalam, maka perlu proses welding manual dan gerinda sepeti cacat porosity.
  • Laminasi dan sliver, yaitu cacat yang berbentuk material mengelupas akibat peleburan logam yang tidak sempurna, cacat ini perlu dilakukan proses penggerindaan sampai cacat tersebut hilang.
  • Korosi, yaitu cacat berbentuk lubang-lubang yang terjadi akibat dari proses karat yang sudah lamah.

Proses penyiapan pipa / pembersihan dari cacat tersebut harus sesuai dengan standart SSPC-SP2. Selain terbebas dari berbagai cacat material, sebagaimana contoh-contoh cacat tersebut diatas, pada proses incoming pipe ini pipa juga harus bersih dari oil contaminasi, grease, air dan cairan lainnya

Apabila terjadi oil contaminasi atau grease, maka harus dilakukan proses pembersihan dengan cara mencucinya dengan menggunakan detergent atau thinner ataupun cairan lain yang sesuai dengan standart SSPC-SP 1. Ini semua harus dilakukan agar mesin Blasting tidak tidak tercontaminasi dengan oil ataupun yang lainnya.

Dan langkah terakhir dari proses incoming pipe yaitu catat identitas pipa agar tidak terjadi kekeliruan identitas pada tahap–tahap berikutnya..
C. SURFACE PREPARATION
SURFACE PREPARATION yaitu proses penyiapan permukaan pipa dengan mesin Blasting yang berfungsi untuk membersihkan permukaan pipa dari segala kotoran dan mill scile dan membentuk kekasaran yang berguna untuk mengikat cairan epoxy ketika proses applikasi nanti.