Internship

Salah satu kegiatan yang bisa kamu manfaatkan sembari mencari kerja yaitu Internship. Banyak orang yang berkata “ Sayang banget lulusan S1 kok jadi intern lagi sih ” , “ Kamu magang lagi? Di gaji ga ? ” dan segala macam apa kata orang yang membuat telingamu panas.

Tahukah RulaWoman, jika internship setelah lulus kuliah itu tidak selamanya buruk, karena masih banyak sisi positifnya kok. Mau tahu apa saja sisi positif dari magang setelah lulus ? Yuk simak point-point dibawah ini !

1. Mencari Pengalaman

Siapapun pasti tahu jika pengalaman diperlukan untuk melamar suatu pekerjaan. Magang atau intership mengajarkan kita bagaimana kehidupan layaknya pegawai kantoran. Mengajarkan kita untuk sabar serta bagaimana berkomunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.

Di CV mu mungkin kurang banyak di tuliskan pengalaman ketika kamu masih berada di kuliah, pengalaman magang yang kamu lakukan setelah lulus ini bisa menjadi salah satu hal yang kamu tulis di CV, lho. Siapa tahu bisa menjadi nilai tambah di perusahaan yang kamu tuju, Iya kan ?

2. Internship juga bisa digunakan sebagai batu loncatan, lho

Bak aji mumpung, perusahaan yang mempekerjakan kamu sebagai anak magang ini ternyata menawarkan kamu untuk menjadi salah satu karyawannya. Jika memang perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan yang kamu inginkan, ambil dan cari pengalaman disana ! Mau tahu tips untuk menjadi karyawan kontrak dari program magangmu

3. Program Internship yang sedang kamu lakukan ini membuatmu mengetahui pekerjaan apa yang cocok denganmu.

Internship biasanya mempunyai batas waktu 3 – 6 bulan, sesuai kontrak magang yang kamu tanda tangani di awal.

Jika perusahaan di tempat kamu magang ini sesuai dengan kepribadianmu, kamu bisa mencari pekerjaan yang sama seperti di tempat magangmu. Namun, bagaimana jika perusahaan dimana kamu magang tidak sesuai dengan kepribadianmu ? Kamu bisa memulai dengan memikirkan untuk mencari pekerjaan lain setelah kontrak magang selesai.

Kamu tahu apa yang lebih penting daripada mengetahui apa yang kamu inginkan ? yaitu Mengetahui apa yang tidak ingin kamu lakukan dimasa datang.

4. Menjalani Internship setelah selesai kuliah berarti mengisi waktu luang.

Banyak yang pro dan kontra jika menjalani program magang setelah menyelesaikan kuliah dan orang-orang dewasa juga banyak yang menyayangkan ‘ kenapa memilih program magang sih setelah selesai kuliah ’. Tetapi semua kembali ke diri sendiri apakah kamu ingin mengisi waktu luangmu dengan melakukan pekerjaan sebagai karyawan magang atau berdiam diri di rumah hingga ada panggilan untuk interview.

5. Program Internship memberikan kamu kesempatan bertemu orang-orang baru.

Sebagai anak magang kamu pasti bertemu orang-orang baru di perusahaan tempatmu bekerja. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan menanyakan kepada mereka bagaimana kisah mereka bekerja disana. Kamu juga bisa mulai membangun network dengan seniormu disana, Siapa tahu ada senior yang berbaik hati memberimu loker di perusahaan lain?

Demikianlah tips-tips mengenai melakukan magang setelah menyelesaikan kuliah, kamu hanya melakukan magang selama 3 atau 6 bulan. Kalau kamu melakukan kesalahan ketika mengerjakan sesuatu, semua orang tahu kalau kamu masih belajar. Kamu masih intern bukan pegawai tetap.